Tuesday, May 31, 2016

Lapas Terbuka?? Lapas Spesial..






       Penjara?? mendengar kata penjara atau Lapas pasti anda sudah membayangkan kesengsaraan, dan hal-hal menakutkan dan mengerikan lainnya, akan tetapi ternyata di indonesia terdapat penjara yang kesannya jauh dari hal-hal yang menyeramkan lho.

      Yap bener banget, lapas ini disebut Lapas Terbuka, LP (Lembaga Pemasyarakatan) terbuka sesuai dengan namanya adalah tempat pembinaan Narapidana dalam keadaan terbuka tanpa dikelilingi tembok yang tinggi atau jeruji besi, oleh karna itulah ts menyebutnya spesial. Konsep LP Terbuka tercipta karena perkembangan sistem pembinaan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai HAM.

       Tidak semua Narapidana bisa masuk kesini lho, ada persyaratan khusus agar Narapidana dapat dipindahkan ke LP Terbuka ini, yaitu : Telah menjalani masa pidana 1/2 sampai 2/3, berkelakuan baik, tidak pernah mendapatkan hukuman disiplin, dan tentu saja atas persetujuan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM setempat.

       Pola pembinaan di Lapas ini disebut ASIMILASI, yaitu suato pola untuk menyiapkan agar Narapidana dapat berintegrasi secara sehat, langsung dengan masyarakat. di Indonesia terdapat 6 Lapas terbuka, yaitu : Lapas Terbuka Jakarta, Lapas Terbuka Kendal, Lapas Terbuka Mataram, Lapas Terbuka Nusa Kambangan, Lapas Terbuka Pasaman dan Lapas Terbuka Waikabubak.

       Kali ini ts akan membahas salah satu LP Terbuka yang ada diatas yaitu Lapas Terbuka Mataram. Lapas ini terletak di Dusun Tojong-ojong, kescamatan Batukliang, Lombok Tengah. Apabila anda berkunjung kesana (Bukan sebagai Narapidana ya) kesan penjara yang padat, sumpek dan bising di benak anda akan hilang seketika, bagaimana tidak, LP ini berdiri di atas tanah persawahan dengan luas total 61.861M2 dikelilingi dengan sawah, udara yang sejuk, dan tidak ada tembok tinggi menjulang (hal ini dikarenakan system minimum security yang diterapkan oleh LP Terbuka).

       Masuk menuju dalam LP tersebut anda akan melihat pondok-pondok hunian LP Terbuka yang terlihat seperti rumah biasa (tidak menggunakan jeruji besi) yang berada di halaman belakang Pintu Utama. Suasana yang dibangun antara Petugas Pemasyarakatan dengan para narapidana juga terlihat harmonis dan lebih seperti bersifat kekeluargaan, akan tetapi tetap pada koridor hubungan antara petugas dan Narapidana. Kegiatan para Narapidana di LP Terbuka Mataram ini merupakan kegiatan yang produktif, dimana mereka diajarkan bercocok tanam dan berternak.

       Lapas Terbuka, lapas yang jauh dari kata padat, lapas tanpa jeruji, lapas yang memasyarakatkan Narapidana.

Thanks, see you..

0 comments:

Post a Comment