Friday, June 3, 2016

Gagal SBMPTN? ini yang sebaiknya kamu lakukan..

Gagal SBMPTN? tentu  kamu semua tidak ada yang ingin mengalaminya, tetapi bagaimana jika itu terjadi? padahal kamu sudah belajar dengan tekun, berdoa dan segala upaya lainnya untuk menempuh SBMPTN. Rasa kecewa yang sangat dalam tentu ada di benak kamu, tapi kamu tidak boleh larut dalam kekecewaan itu,hal ini yang dapat kamu lakukan apabila gagal di SBMPTN ;

1. Ikut ujian seleksi Mandiri
Hal ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang gagal dalam ujian SBMPTN, toh ilmu dan hasilnya sama saja, hanya mungkin ada perbedaan di pembayaran Semester ataupun jadwal kuliah.

2. Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta
Buat kamu yang merasa ingin tetap kuliah dan mempunyai uang lebih, ini bisa menjadi alternatif. Meskipun beda gengsi dengan Perguruan Tinggi Negeri, akan tetapi semua tergantung dari diri kamu sendiri, banyak kok mahasiswa-mahasiswi berprestasi dari Perguruan Tinggi Swasta. Dan berdasarkan pengalaman, peluang untuk mendapatkan beasiswa lebih besar daripada di Perguruan Tinggi Negeri.

3. Mencari Pekerjaan
Jika kamu tidak mau melakukan 2 hal diatas, kamu bisa mencari info tentang lowongan pekerjaan yang ada, hal ini akan berdampak positif buat anda karena dalam dunia pekerjaan anda akan terlatih untuk menghadapi orang lain, cara berbicara di depan umum, dan menilai suatu masalah yang terjadi dengan real. Hal ini akan sangat berguna jika di tahun berikutnya kamu masuk Perguruan Tinggi yang kamu impikan, kamu akan terbiasa untuk berhadapan dengan orang lain, berbicara di forum kuliah, dan lain sebagainya. Apalagi kalau kamu besok bisa kuliah dengan penghasilan sendiri, tentu akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri kan.

4. Koreksi Diri dan Tetap Melakukan Sesuatu Yang Positif
Ya, gagal dalam SBMPTN akan menjadi suatu keuntungan tersendiri, anda mempunyai pengalaman dan persiapan lebih matang untuk mengikuti seleksi Perguruan Tinggi Negeri selanjutnya, tetapi ingat dalam masa kamu menjadi pengangguran (karena tidak kuliah dan tidak kerja) kamu harus tetap mempunyai suatu kegiatan yang positif, yang dimana hal ini akan dapat menunjang cara berfikir anda dan semangat anda. Jangan sampai anda melakukan kegiatan yang negatif, yang akan membuat kemampuan berfikir anda berkurang dan membuat semangat anda down.


Masih banyak hal yang dapat kamu lakukan yang mempunyai manfaat besar bila anda tidak lulus SBMPTN, jangan sia-siakan waktu kamu yang berharga dengan menyesal dan menganggur. Perluas pergaulan dan pengalaman, tetap menjadi orang yang bermanfaat agar kamu tidak menyesal keesokan hari.
Semoga Bermanfaat.


Thanks, See you..

0 comments:

Post a Comment