Monday, June 6, 2016

Ditindih Setan dan mitos di berbagai belahan dunia

Sleep Paralysis atau orang Indonesia biasa menyebutnya ketindih setan, adalah ketidakmampuan bergerak pada saat tidur ataupun ketika bangun tidur. Orang yang mengalami kelumpuhan tidur ini akan mengalami masalah untuk menggerakkan anggota badan, tidak bisa mengeluarkan suara dan sebagainya.

Sleep Paralysis bisa terjadi pada siapa saja, dan bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar, untuk itu fenomena ini sering dikaitkan dengan hal mistis.

Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut, dan ternyata semua mengatakan kalau saya saat tidur ditindih setan, tentu seluruh tubuh menjadi merinding mendengarnya, dan ternyata penjelasan ilmiah menganai kejadian itu adalah karena disebabkan oleh tidak sejalannya fase REM dan bangun tidur, dengan kata lain otak masih dalam kondisi tidur tapi tubuh ingin bangun. Penelitian juga menemukan bahwa kurang tidur juga bisa menyebabkan kelumpuhan tidur.

Inilah mitos Sleep Paralysis di berbagai belahan dunia :
  1. Di Finlandia dan Swedia, kelumpuhan tidur diyakini disebabkan oleh mare, makhluk supranatural yang berkaitan dengan incubi succubi. Menurut kepercayaan setempat, mare adalah seorang wanita yang dikutuk dan tubuhnya dibawa secara misterius saat ia tidur dan tanpa disadari
  2. Di China, disebut Gui Ya Shen yaitu gangguan hantu yang menindih tubuh seseorang
  3. Di Turki disebut dengan Karabasan, yaitu kunjungan setan saat tidur
  4. Di New Guinea, disebut Suk Ninmyo, ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia
  5. DI Meksiko disebut se me subio el muerto, dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang
  6. Di Vietnam disebut ma de, yang artinya dikuasai setan
  7. Di Jepang disebut kanashibari, yang diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus
  8. Di Islandia disebut mara, atinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari
  9. Di Thailand, diyakini disebabkan oleh hantu dari cerita rakyat Thailand yang dikenal dengan nama Phi Am.
Semoga bermanfaat.

Thanks, See you..

0 comments:

Post a Comment